Pantai Soka, Pantai Pasir Hitam di Tabanan


Pantai Soka merupakan salah satu pantai di Tabanan yang terletak di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Bali. Untuk sampai ke lokasi ini diperlukan jarak tempuh sekitar 60 km dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai di Denpasar atau kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan mobil. Bagi anda yang tidak ada kendaraaan, anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor di tempat rental kendaraan. Harga yang ditawarkan oleh rental mobil di Bali biasanya relatif murah mulai dari 50 –  175 ribu / hari. Lokasi Pantai Soka sangatlah strategis dikarenakan terletak di jalan utama Jawa-Bali. Jadi mau tidak mau orang yang datang atau ingin pergi ke Pulau Jawa pasti melewati salah satu pantai di Tabanan ini.

Panoramanya yang sangat indah menjadi salah satu alasan mengapa objek wisata pantai di Tabanan ini wajib dikunjungi. Jika kita menoleh ke sebelah Barat kita dapat melihat perbukitan yang sangat menyejukkan mata, perbukitan ini bersambung menjadi satu dengan Gunung Batukaru di sebelah Utara. Di bagian Timur kita dapat melihat gunung tertinggi di Pulau Bali yaitu Gunung Agung , dan yang paling mengesankan adalah pemandangan Samudera Hindia di sebelah Selatan. Sejauh mata memandang kita dapat melihat hamparan laut biru yang dapat mendamaikan hati. Apabila cuaca sangat cerah dan kita sedang beruntung, dari kejauhan kita dapat meilhat Blambangan (Banyuwangi) di Pulau Jawa. Namun pemandangan yang paling indah dari pantai di Tabanan ini adalah ketika sore hari, tatkala matahari akan terbenam. Cakrawala yang berwarna orange kemerahan menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Soka Indah yang membuatnya tidak kalah dengan Pantai Kuta yang sudah cukup mempunyai nama.

Pantai di Tabanan ini menyimpan berbagai macam mitos-mitos kuno yang sangat menarik untuk di ketahui. Salah satunya adalah mitos tentang  sebuah batu karang yang dikelilingi pasir dan air laut, berukuran  kurang lebih 3 m, orang sekitar biasa menyebutnya "Payuk Kebo Iwa." Payuk berarti periuk, alat yang digunakan untuk memasak dan Kebo Iwa sendiri merupakan seorang tokoh pewayangan yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat  Bali. Penduduk asli sana mempercayai bahwa itu adalah periuk yang dahulunya milik Kebo Iwa. Di sebelah Baratnya, terdapat sebuah batu karang yang berukuran cukup beasar, bentuknya persis seperti dapur penduduk asli. Menurut mitos yang beredar, disanalah dahulunya Kebo Iwa memasak dengan mempergunakan periuknya tersebut. Dilihat dari mata awam, hal ini sangat masuk akal karena periuk yang besar dan Kebo Iwa yang konon menurut legenda adalah seorang pemuda Bali dengan ukuran tubuh yang tinggi besar, tegap dan sakti. Di sisi Timur Pantai Soka terdapat sebuah goa di tebing batu karang, disebut goa Bulung Daya. Goa ini menjadi sarang bagi burung-burung walet. Pada hari raya dan bulan penuh (Purnama) pantai ini dipadati oleh pengunjung dan oleh umat Hindu yang datang untuk melaksanakan upacara keagamaan.

Area objek wisata Pantai Soka memiliki tempat parkir yang sangat luas. Di sini juga tersedia beberapa warung dan restaurant sebagai tempat melepas penat seusai menikmati pemandangan. Salah satunya adalah Soka Indah Restaruant yang menyediakan beraneka macam makanan dan minuman. Perlu untuk diketahui, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan uang kontribusi sama sekali, baik itu uang parkir maupun tiket masuk. Bagi yang senang memancing ke laut, dapat bergabung dengan nelayan setempat, memakai perahu tradisional yang memakai mesin tempel atau layar. Jadi apakah anda tertarik untuk berkunjung kemari? Segera cantumkan nama Pantai Soka ke dalam perjalanan wisata anda. Pantai Soka, pantai di Tabanan dengan sejuta keindahan. Selamat berlibur.


Lihat Peta Lebih Besar